Jumat, 04 Desember 2009

AirLive WNRAM-VPN : Router ADSL Cerdas Plus VPN

Soal ukuran fisik, AirLive WN-300ARM-VPN setara dengan aneka router kebanyakan. Ukurannya yang sebesar 15,7 x 9,9 x 3 mini menjadikannya tidak terlalu kecil, namun masih cukup ringkas. Bentuknya kotak dengan sisi-sisi yang membulat. Seluruh badan router ini dibalut dengan bahan plastik berwarna abu-abu yang membuatnya terlihat sederhana.
Terdapat cukup banyak lampu indikator pada bagian depan router ini. Lima belas buah lampu indikator memiliki fungsi masing-masing seperti indikator power, indikator aktivitas LAN, indikator aktivitas WAN, dan sebagainya. Bagian belakangnya dipenuhi port LAN sebanyak empat buah, port adaptor, port WAN, dan dua port antena untuk hubungan ke antena eksternal.
Router ini telah mendukung koneksi nirkabel dengan standar terbaru, 802.11n. Namun juga tetap mendukung perangkat-perangkat yang masih menggunakan koneksi nirkabel dengan standar 802.11b atau 802.11g.
Untuk mulai mengatur konfigurasi router ini, Anda dapat mengakses panel kontrol berbasis Web. Anda dapat mengaksesnya dengan memasukkan IP router ini pada web browser.
Setelah Anda masuk ke layar utama, terdapat cukup banyak pilihan menu untuk melakukan konfigurasi pada router ini. Di antaranya adalah konfigurasi WAN, konfigurasi LAN, konfigurasi layanan keamanan, konfigurasi koneksi ADSL, konfigurasi VPN, dan lain-lainnya.
Selain berfungsi sebagai router, AirLive WN-300ARM-VPN juga dapat terhubung dan menghubungkan jaringan VPN dengan enkripsi 3DES.
Dari sisi feature keamanan, AirLive WN-300ARM-VPN terbilang cukup lengkap. Anda dapat memilih beberapa pilihan untuk otentifikasi koneksi nirkabel, mulai dari WEP, WPA, sampai dengan WPA2. Selain itu juga Anda dapat melakukan penyaringan berdasarkan MAC address.
Kinerja yang dihasilkan oleh AirLive WN-300ARM-VPN cukup baik. Hasil pengujian kami dengan tool NetIQ Chariot mencatat throughput yang cukup baik meskipun tidak terlalu tinggi, yaitu pada angka 42,105 Mbps. Soal kestabilan sinyalnya pun lumayan, meskipun router ini sempat mengalami penurunan thoughput yang cukup terasa selama beberapa detik. Namun secara keseluruhan hasilnya cukup baik.
Jika Anda merasa kurang puas dengan kinerjanya, mungkin dapat sedikit meningkatkan kinerjanya lewat penggantian antena bawaan dengan yang lebih baik. Ya, antena eksternal yang ada pada WN-300ARM-VPN ini memang dapat dilepas-pasang.
Fungsi perlindungan port pada router ini pun terbilang baik. Hasil scan kami pada situs GRC (www.grc.com) lewat alamat IP publik menunjukkan semua port dalam keadaan tersembunyi (stealth). Tidak ditemukan adanya port yang terlihat terbuka (opened) atau tertutup (closed) dari luar.
***
Dengan dukungan aneka feature yang cukup lengkap, AirLive WN-300ARM-VPN merupakan salah satu router ADSL yang cukup menarik. Kinerjanya cukup baik, feature keamanannya juga terbilang lengkap. Penggunaan standar 802.11n juga membuat aliran data menjadi lebih cepat, selama perangkat lainnya juga mendukung. (Steven Irwandi)
Spesifikasi AirLive WNRAM-VPN
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
1 x WAN; 4 x LAN (RJ45)
Modus Operasi
Router, Bridge, VPN
Kecepatan transfer data
Maksimum 300 Mbps
Feature
DHCP Server; WPS; MAC Address Filter; 2T2R; MIMO; SPI; Firewall
Dimensi
157 x 99 x 30mm
Kelengkapan
Power adapter; Kabel RJ45; CD Driver & Buku Panduan
Garansi
1 tahun
Situs web
www.airlive.com
Kisaran harga
US$135
Kontak: PT. Universal Communication Network Indonesia, telepon (021) 6122124, 6121105.
Plus : Bentuk ringkas, feature VPN.
Minus : Throughput stabil.
Skor Penilaian
Feature
4
Kemudahan penggunaan
3,75
Kinerja
4
Harga
3,75
Skor Total
3,90

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes